Pages

Sep 29, 2014

Yuyu, kuliah online itu apa?

Well, haiii haii..

Sekarang aku udah memasuki semester 3 sebagai Mahasiswa MMSI Binus Online. Baru selesai sidang proposal dan masih galau mikirin thesis dan juga dua matakuliah yang masih aku jalanin.

Kali ini aku mau sedikit menceritakan tentang kuliah oline itu sebenarnya bagaimana dan apa saja yang dilakukan mahasiswa online?

Well, this time I'll let you peeping to  my LMS. Di portal yang kami sebut LMS ini ada menu My Class dan salah satu class yang saya ikuti adalah mata kuliah Technology Management and Value (TMV).

Di halaman My Class ada menu References untuk merujuk buku-buku apa saja yang digunakan di mata kuliah ini, juga informasi mengenai dosen dan juga teman-teman satu kelas dan satu tim kita. Dan seperti yang kamu lihat di kelas ini saya punya dua dosen, karena untuk S2 di Binus dosen untuk satu mata kuliah memang ada 2.

Satu matakuliah berlangsung selama 10 minggu yang mana 5 minggu pertama akan dibimbing oleh dosen pertama dan sisanya akan dibimbing oleh dosen kedua. Tapi semester lalu ada satu matakuliah (e-commerce) yang hanya dibimbing oleh satu dosen. :)

Berikut ini adalah penampakan topik matakuliah tiap minggu, di dalam topik itu ada pdf dan ppt yang bisa didownload sebagai materi kuliah selama 10 minggu. Biasanya sih aku bakalan download semuanya dan memasukkannya kedalam folder yang terbagi dalam 10 minggu. Soalnya buat dipake buat ngerjai tugas kuliah.. :)

Sebenarnya aku bukan tipikal orang yang hobby belajar, tapi karena setiap minggu ada tugas yang harus dikumpulkan, mau tidak mau saya harus mengerjakan tugas saya dan membaca bahan materinya.. hahaha

Nah yang berikut ini adalah tampilan dari assignments saya, mulai dari Personal Assignments dan Team Assignments dan seperti yang bisa dilihat tiap tuga memiliki deadlinenya sendiri. Soal dapat diunduh dan setelah dikerjakan dapat di upload lagi. Setelah selesai, dosen akan memeriksanya. Seperti yang kalian lihat status di tugas pertama saya adalah tanda centang yang artinya dosen sudah memeriksannya. Dan bagian komentar dosen biasanya berisikan nilai dan tanggapan dosen mengenai tugas saya.. 

Ibaratnya kalau di kampus itu kan biasanya mahasiswa saling diskusi baik sama dosen atau sesama mahasiswa, nah jangan kira di kuliah online ini tidak ada hal demikian, man.. :p

Nama menunya adalah Discussion Forum, dengan empat forum personal (antar individu), meet the lecture (lo dan dosen doang), team room (lo dan teman2 satu group lo), dan class room (lo, dosen, dan semua anggota kelas).


 Yang paling sering dipakai sih yang class room, jelas dong ya..
Setiap minggu biasanya ada topik yang di-raise dosen di kelas dan setiap mahasiswa akan menanggapinya. Seperti gambar yang berikut..

*maaf agak di gelap-gelapin, istilahnya sih buat jaga privasi.. hahaha

Dan seperti yang kalian lihat, dosen itu punya warna sendiri (ijo), untuk aku juga dengan warna kuning dan semua teman-teman aku warnanya pink.


Well, as you can see.. Sebenarnya gak ribet-ribet banget sih cara kuliah online. Masalahnya sih tinggal lo mau atau tidak? Mau belajar sendiri, cari jawaban tugas sendiri, mikir sendiri, dll hahaha

Baiklah, sekilas info mengenai kuliah gw di sudahin dulu ya.. mau balik kerja dan bikin postingan.. hahahha





8 comments:

  1. Hii...
    salam kenal, kebetulan gw juga ambil MMSI binus tapi reguler, berasa berat bgt karna medan kesana macet bgt. :")
    rencana mau pindah ke online ini.. nah kalau online itu untuk kelas virtual apakah setiap hari atau ada hari tertentu seperti reguler ya? kalau sejauh ini untuk online yang dirasain gimana ya? :) so far apakah berat banget tugasnya kah , waktu diskusi forum yang terbilang tiap hari atau malah flexible dan memudahkan bagi yang sibuk gitu? :) mohon sharing :) need info bgt mengenai kelas online nya :)
    kalau dirasa mungkin ini mau pindah kesana :D

    terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo maya...
      Sejauh ini sih kuliah online cukup flexibel (dalam waktu satu minggu)

      Setiap minggu ada tugas yg harus dikumpul dan ada topik yg di bahas di forum..

      Delete
    2. kebetulan saya waktu ambil ekstensi S1 juga kuliah online, jadi sudah terbiasa..
      kalau masalah tugas rasanya sama saja dengan yg reguler..

      So far, saya suka dengan kuliah online.. :)

      Delete
  2. Halo kak, saya ada rencana kuliah ekstensi di binus online. Boleh minta emailnya kak? Saya mau tanya2 ttg online learning ini menurut kakak. krn saya blm puas kalau cuma tanya ke binus nya. Makasih kak

    ReplyDelete
  3. Halo kak, saya ada rencana kuliah ekstensi di binus online. Boleh minta emailnya kak? Saya mau tanya2 ttg online learning ini menurut kakak. krn saya blm puas kalau cuma tanya ke binus nya. Makasih banyak kak

    ReplyDelete
  4. Kaka kalok ujian online jg pa musti dateng kekampusnya ??

    ReplyDelete
  5. Kakak kalok ujian semester online apa dateng ke kampusnya ??

    ReplyDelete
  6. Halo mba yuyu. Boleh dishare mengenai tes toefl di binus untuk syarat s2 ? Gimana tes nya..lulusnya susah gak? Thx

    ReplyDelete