Pages

May 8, 2014

Pants!! Sex-education





Belakangan ini semakin marak kasus pelecehan seksual anak-anak. Kasus JIS bukanlah kasus pelecehan seksual anak-anak yang pertama. Bahkan sejak aku SD, aku sudah mendengar berita tentang ayah memperkosa anaknya.

Miris memang, sangat bahkan...
Tidak ada lagi lembaga atau yang bisa kita percayai, bahkan pria yang saat ini menemani tidurmu itu bisa saja menyakiti buah hati  kalian.
Guru agamaku ketika SMP juga sudah mengatakan kepada kami ketika itu, "Seks mempengaruhi 90% hidupmu"
Pada masa itu dia bercerita kalau salah satu teman angkatan kami ada yang sudah ada yang pernah berhubungan seksual. Kondisinya memang sama-sama mau, berbeda degan kasus JIS.

Jujur aku belum pernah baca di media ataupun melihat di TV mengenai kasus ini, aku hanya membacanya di group GSM Semanggi. Salah satu pendeta kami kerap kali membahas kasus ini, menyampaikan rasa prihatin. Dari sini bermunculan beberapa ide dari laoshi-laoshi yang lain, diantaranya mengadakan seminar pendidikan seks untuk orang tua.

Memang Tuhan Yesus itu menempatkan anak-anaknya pada tempatnya, karena kebetulan salah satu laoshi adalah psikolog, dia membantu mencari pembicara untuk seminar ini. Sedangkan untuk laoshi kelas besar, kami sepakat untuk membentuk membahas brosur PANTS di kelompok kecil yang biasa kami buat di akhir acara sekolah  minggu.




Minggu lalu aku kebetulan dapat kelompok yang anak perempuan semua. Ada Treshy, Diva, Thania, Amanda, dan Jemima. Dari hasil pembicaraan itu aku bersyukur karena ada beberapa anak yang memang sudah dibekali oleh orang tuanya. Tapi ada juga yang belum, aku yakin hal ini tidak hanya terjadi di Jakarta ataupun di JIS.

Selaku seorang wanita yang nantinya akan jadi ibu, jujur aku merasa sedih melihat peristiwa ini. Semoga setelah diskusi ini, kelima anak perempuan itu lebih aware sama lingkungannya dan ancaman yang ada di depan mereka..

No comments:

Post a Comment