Pages

Mar 17, 2015

Thanks to e-Filling

Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar  apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah." Matius 22:21
Seperti biasa di bulan Maret semua pegawai (terutama yang swasta) sibuk dengan pelaporan pajak dan mesti mengantri di kantor pajak terdekat! 

Tahun ini adalah tahun ketiga aku melaporkan pajak penghasilanku. Tahun pertama aku harus pergi ke dropbox di Rs. Fatmawati dan tahun kedua aku harus pergi ke Kantor Pajak Cilandak. But thanks to God, tahun lalu aku cukup beruntung karena bisa dapat EPIN tanpa ngantri panjang.. hohohoho

Aku tahu banyak sekali masyarakat yang pesimis dengan kemajuan negara kita. Tapi aku bersyukur si teknologi ini benar-benar membantuku tahun ini. Akhirnya epin yang sudah aku cuekin selama satu tahun ini, bisa bermanfaat juga...

Tahun ini untuk pertama kalinya aku melaporkan SPT-ku melalui aplikasi eFilling.

Buki laporan pajakku.. ^^
Buat kamu yang belum punya epin, aku sarankan untuk segera bikin deh.. :)
Pengalamanku tahun ini, aku coba login di aplikasinya https://djponline.pajak.go.id, tapi sayangnya npwp dan password aku selalu salah, padahal udah disamakan dengan password yang ada di email konfirmasi. Dan mau forget password, EPIN gw hilang... >.<

Untungnya ada KRING PAJAK (1 500 200) dan aku cukup beruntung karena di pagi hari yang menjawab telponku adalah mas yang sabar dan baik hati. Secara dia mau ngirimin ulang EPIN gw, nungguin ampe gw forget password dan dapet email balasan dan sampai gw berhasil login di website efilling.. :D

Begitu berhasil.. tadaaaaaa... 
Halaman dashboard e-Filling
Kemudian sempat bingung mau pilih yang mana menunya, tapi aku coba-coba manual aja sih... Pilih yang kirim SPT, lalu masuk dari beberapa pilihan aku pilih 1770 S Wizard. Nah.. emang sih agak panjang wizaradnya... Dan sempat maju-mundur dari beberapa step karena gak tahu cara isinya...

1770 S Wizard
Bagian terpenting ada di langkah II dan III kalau tidak salah. Karena status saya yang masih single dan juga karena penghasilan saya hanya bersumber dari satu tempat. Hal ini sangat memudahkan. Tinggal mengisi penghasilan bruto dan data tentang pemotong pajak (dalam hal ini ya kantor saya)

Saya mau kasi step tutorial, tapi karena saya sudah kirim SPT, saya tidak bisa melanjutkan ke step berikutnya..  :(

Tapi overall, selama kamu gak menggerutu dan memang punya hati buat ngisi dan gak berfikiran negatif, ngisi e-Filling gampang kok... 

Yuk, mari kita doakan dan usahakan kemajuan negri kita. :)

Semangat untuk Indonesia yang lebih baik!!

Oya, jam operasional KRING PAJAK: Hari kerja dan jam 9:00-16:00. Lebih baik nelpon di pagi hari ya, biasanya orang masih sabar dan kemungkinan tidak akan sibuk. Soalnya beberapa kali aku coba hubungi di siang hari, lebih sering sibuk.. 

No comments:

Post a Comment