Mar 10, 2015

[KTB] Bagaimana Allah Berbicara

Bahan KTB dua minggu lalu diambil dari: YOH 14: 15-27

Actually, Gw tidak sedang dalam mood 100% untuk share bahan ini, dan ini juga adalah hasil coretan pribadiku, bukan hasil kesimpulan ktb kami.. Hohoho 

Kita sangat mudah menyamakan keinginan kita dngan bimbingan Allah. Apakah kita bisa membedakan dengan pastinbahwa Allahlah yang sedang berbicara bukan perasaan hati kita yang sedang menipu kita?

Diskusi kelompok:
Membuat daftar "10 cara untuk memastikan Allahlah yang berbicara."

Pada saat sebelum disalibkan, Yesus berbicara kepada para murid-Nya yang sedang bingung dan menyakinkan mereka bahwa Dia akan terus memimpin dan membimbing mereka. Yesus berkata Dia akan memberikan merka dua tanda yang menunjukkan bahwa mereka sudah berada di arah yang benar: kasih dan Roh Kudus. 
Berikut adalah daftar pertanyaan yang ada di buku:

Janji yang manakah dalam alkitab ini yang memberiku kepastian besar?
Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. (Yoh 14:27)

Bagaimana kita dapat mengenali kasih kita kepada Allah dan kasih Allah kepada kita?
Kita mengenali kasih Allah akan kita melalui, perbuatan kita, apakah kita menuruti segala perintahNya atau tidak.
Allah mengasihi kita dengan memberikan penolong bagi kita untuk menyertai kita selama-lamanya

Melihat kembali pada keputusan besar anda sebelumnya, apakah itu menunjukkan kasih Anda pada Kristus?
Banyak keputusan terbesarku tidak menunjukkan kasihku pada Kristus. Bahkan aku sudah lupa keputusan besar apa yang akhir-akhir ini aku buat. >.<

Fakta-fakta apa yang diberikan tentang identitas dari roh kudus?
- Roh kebenaran
- Penolong
- Dunia tidak mengenal, melihat, dan menerimaNya
- Dia selalu menyertai aku dan diam di dalam aku.
- Akan mengajarkan segala sesuatu kepada kamu
- Mengingatkan kita akan segala sesuatu yang telah Yesus katakan

Apa tujuan Yesus mengutus Roh Kudus kepada kita?
Sebagai pengganti Yesus. Agar kita tidak seperti anak yatim piatu. Untuk menyertai kita, dan seperti Yesus yang adalah guru, Roh Kudus pun akan mengajari kita. Membuat kita paham akan semua ajaran Yesus yang sepertinya kita paham, tetapi terkadang kurang mengerti dan terkadang melupakannya.

Pertolongan apakah yang bisa kita harapkan dari Roh Kudus dalam pengambilan keputusan?
Mengajarkan kita, karena Roh Kudus mengajarkan segala sesuatu dan akan mengingatkan kita akan semua yang telah Yesus katakan.
Memastikan bahwa keputusan yang kita ambil sesuai dengan perintah Kristus. Sebagai tanda kita mengasihi Kristus.

Tolong ceritakan saat di mana Anda tahu Roh Kudus sedang membimbing Anda?
Saat ketika damai sejahteralah yang kita rasakan ketika memilih keputusan tersebut. Saat tidak adalagi peperangan batin dan saat keputusan itu memang sesuai dengan ajaran Tuhan

Bagaimana Yesus menjawab pertanyaan Yudas, "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diriMu kepada kami, dan bukan kepada dunia?"
Tuhan menyatakan diriNya pada semua orang, tapi hanya orang yang mengasihiNya lah yang melakukan perintahNya. Dan kepada orang-orang itulah Allah menyatakan diriNya.
Yesus diutus Allah untuk menyampaikan firman, dengan menjadi Firman itu sendiri. Semua orang mendengar Firman itu, karena saat itu Yesus sangat terkenal. Tetapi menjadi pengikut Yesus dan mengasihiNya berbeda dengan mengetahui Yesus. Oleh karena itulah, Yeus menyatakan dirinya hanya kepad orang-orang yang mengasihinya.

Ceritakanlah hubungan spesial yang Anda miliki bersama Kristus. Apakah yang telah Dia tunjukkan kepada Anda?
Hubungan spesial dengan Tuhan sering banget terjadi. Seperti ketika berjalan sendirian, sering merasa ada Tuhan menemani.
Tuhan sering sekali membantu aku untuk menunjukkan point of view suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda. Acapkali melalui hubunganku dengan teman-temanku, aku makin kaya akan pengalaman dan kasih Tuhan.

Bagaimana Anda merasakan kasihNya?
Bahkan ketika aku bernafas pun, aku bisa merasakan kasihnya.

Damai sejahtera seperti apa yang Yesus bicarakan dalam ayat 27?
Damai sejahtera yang berbeda dari yang dunia bisa tawarkan. Damai sejahtera yang berasal dari dalam diri kita. Damai sejahtera ketika dunia bahkan melihat kita lemah dan tak berdaya. Tapi selama ada Yesus bersama kita, maka damai sejahtera itu ada dihati kita.

Apa bedanya dengan damai sejahtera dunia?
Damai sejahtera di dunia ini tidak ada ujungnya. Jika damai sejahtera kita berdasarkan kekayaan, maka kekayaan itu akan selalu terasa kurang. Dan apabila kekayaan tersebut hilang, maka damaisejahtera kita pun hilang.

DietrichbBonhoeffer, yang dibunuh oleh Nazi karena imannya, pernah berkata, "Damai adalah kebalikan dari keamanan." Apa artinya mendapatkan damai sejahtera dari keputusan yang anda ambil?
Terkadang keputusan yang kita ambil secara duniawi membawa kita pada posisintidak aman, bahkan membahayakan. Namun bila keputusan itu memang berdasarkan Roh Kudus, maka damai lah yang akan kita rasakan

Apa yang diajarkan perkataan Yesus dalam bagian Alkitab ini tentang mengenali suara Allah?
Bahwa Allah ada di dalam kita, melalui Roh Kudus, Allah selalu berbicara kepada kita dan membantu kita dalam membuat keputusan.

Suara Allah adalah peringatan ketika kita hendak melakukan dosa. Perasaan bersalah ketika kita melakukan dosa. Ajaran ketika kita tidak mengerti akan firman Allah



NB: akan aku edit setelah niatnya baik ya... :)

No comments:

Post a Comment