Pages

Mar 15, 2017

[Baking Story] Bikin Bolu pakai oven listrik

 

Hey hooo...
Lama gak ngeblog now I'm back with my new experience... hahah

First, let me tell you my old story for these couple weeks.
Jadi beberapa minggu atau bulan yang lalu, saya sempat galau dalam memilih oven listrik yang bagus dan sesuai budget. Kriterianya: hemat listrik, hemat harganya, dan tahan lama.

Saya berkali-kali browsing review penggunaan oven dengan merek ini dan itu hingga terakhir saya kebingungan mau pilih Kirin atau Cosmos. Well, awalnya saya sudah memutuskan mau pilih Cosmos yang berukuran 25 L, tapiiiii... dikarenakan situs yang jual Cosmos hanya lazada, elevania, dan tokopedia (intinya sih situs yang gak kasi ongkos kirim GRATIS), saya pun mengurungkan niat. Soalnya hargnya jadi kemahalan.

Nah, sebelumnya memang saya binggung mau pilih Kirin KBO 250RA dan Cosmos CO 9925. Ukurannya sama-sama 25 L, dan listrik nya juga sama, bedanya harga Kirin lebih mahal (belum dihitung ongkir). Nah, bagian milah milih Kirin atau Cosmos ini yang bikin galau luar biasa.

Padahal waktu milih mixer, gak pake pusing, cuma pusing cari pilihan warna merah yang murah. Well as you can see on the picture, I choose Philips.

Nah, karena Cosmos ongkirnya mahal (bisa ampe seratus ribuan lebih), saya pun mencari-cari di situs Blibli.com dan JD.ID yang emang dua situs ini selalu gratis ongkir. Eh, secara harga mixernya lebih murah di blibli.com, akhinya pilih blibli.com dong... 

Puji Tuhannya nih, aku punya voucher blibli.com yang kalau ditotal seharga 200 ribu. Ya sudah lah, gak pake pikir panjang akhirnya pilih beli Kirin (soalnya di Blibli.com gak ada cosmos) dan mixer di blibli.

Walaupun ada kisah tolol. Saya lupa pilih alamat rumah bekasi, alhasil semua dikirim ke kantor dan seiisi kantor heboh liat barang belanjaan saya. >.<

Okay, back to basic.
Suamiku lebih tepatnya yang paling penasaran mau cobain si Kirin ini. Jadi kami langsung cobain bikin bolu pandan, ehhhh... namanya juga baru pertama kali coba ya... BANTET! 
Untungnya ada si Melani (my new puppy) yang ngabisin... hahhaha

Nah percobaan kedua nih, setelah browsing-browsing dan cek youtube akhirnya berhasil..
Jadi kali ini saya mau share step-step pebuatan kue bolu di atas ya...

Let start with step by step (bahan-bahannya akan terlihat di setiap step ya...)
  1. Masukkan 5 butir telur utuh bersama gula pasir (ukuranya segelas beling kecil), kemudian kocok dengan mixer berkecepatan kencang (max). Kocok telur sampai mengembang. Sebaiknya tunggu sampai 15 menit agar benar-benar mengembang dan tidak bantet.
  2. Sambil nunggu telur di-mixer, siapkan tepung terigu protein sedang (segitiga biru) ukurannya sama dengan gula pasir (segelas beling kecil). Campur dengan vanili setengah sendok teh dan baking powder setengah sendok teh.
  3. Sebelum mencapur tepung terigu ke adonan telur, ada baiknya panaskan oven listrik lebih dulu. Setting waktu 10 menit dengan api atas-bawah menyala. Jadi nanti setelah adonan siap di panggang, ovennya sudah dalam keadaan panas.
  4. Setelah 15 menit, turunkan kecepatan mixer (saya dari speed 5 ke 2) lalu sedikit demi sedikit tuangkan campuran nomor 2 ke adonan telur.
  5. Biarkan adonan sampai tercampur keseluruhan. Setelah itu matikan mixer dan tuang margarin yang sudah dilelehkan dan aduk dengan spatula. (Ini sebaiknya jangan dicampur dengan mixer)
  6.  Setelah itu tuang adonan kedalam cetakan dan masukkan ke dalam oven. Pastikan cetakannya sudah diolesin margarin dan tepung ya... biar ga lengket.
  7. Panggang selama 30 menit dengan panas 180 derajat, nah kalau pakai kirin dikira-kira aja ya... Pokoknya jangan sampai nyentuh angka 200.
Nah, as you can see di gambar no 3, isi adonan yang cuma tiga perempat cetakan setelah matang mengembang jadi lebih besar dari cetakkannya. Buat menambah manis saya menaburkan ceres ke atas bolu yang pastinya sudah kita oles dengan margarin biar ceresnya nempel. 

Oke deh, sekian dulu ya, postingan pertama saya soal banking. Semoga kedepannya lebih rajin baking dan lebih rajin posting blog.

Cheers

-Yuyu-

No comments:

Post a Comment