Pages

Jan 27, 2017

Gelas Setengah Penuh


After working at one of the biggest bank at Indonesia, I realise one thing.... The more big a bank, then there are a lot of great people work there.
A good company not come only from a good owner, an excellent employee, or a good machine!
It's all about collaboration.

Saya sering merasa pekerjaan yang saya lakukan ini sepertinya tidak menghasilkan banyak manfaat, bahkan saya sering mendapatkan keluhan dari nasabah karena ini dan itu. Tapi bila saya renungkan kembali, itu adalah bagian dari pekerjaan ini..

Terkadang saya suka iri dengan tim sebelah saya, pekerjaan mereka terlihat sanga keren dan hasilnya sangat bisa membantu nasabah. Seperti apa yang dijelaskan oleh salah satu rekan kerja saya. Hari ini dia menjelaskan tentang pabrik yang sedang dibangun oleh dia dan timnya. Dia menampilkan video dan gambar tentang kecanggihan tempat itu. Bagaimana robot tangan-tangan itu bekerja untuk mengelompokan uang-uang, bagaimana uang-uang itu akan disusun sesuai rak dab kelompok masing-masing.

"WOW CANGGIH!"
Itulah reaksiku... How clever! Betapa banyaknya penghematan yang mungkin terjadi, bahkan bisa menjadi sumber pemasukan dan bahkan bisa menjadi anak perusahaan baru.

Sementara aku? Ahh semua orang yang kenal dengan aplikasi yang aku pegang, pasti akan mengeluh... Banyak masalah, nasabah gak mau pake lagi, bla.. Bla.. Blaaa

Why oh why...??
Ingin mengeluh, tapi apa ada gunanya? Hanya menambah beban pikiran.
Beberapa bulan sejak aku masuk ke perusahaan ini, aku dilanda stress berat, gak ada teman dekat, bahkan bisa dibilang aku menjadi publik enemi. Tanpa tahu apa salahku, semua orang menghindariku.

Well, lama lama aku tahu alasannya, tapi aku jugs tidak tahu cara memperbaikinya. Puji Tuhan, aku tertolong setelah berganti tim, berganti atasan, dan job desku berkurang.
Sempat juga aku memasuki masa-masa krisis kepercayaan dengan vendor karena saat itu aku "MELIHAT GELAS SETENGAH ISI". Pada masa ini, hidupku tidak tenang, banyak marah-marah dan gampang stress.

Akupun mulai belajar " MELIHAT GELAS ITU SETENGAH PENUH". Well itu gak bikin pekerjaanku less stress or jobless, tapi setidaknya itu bikin aku lebih tenang dan mengajarkanku bersyukur.

Team work yang baik adalah yang saling mendukung, kami sedang ada di dalam roda yang berputar kedepan. Sayang aja bila ada anggota tim yang melihat tim mereka setengah kosong. Bisa jadi roda itu tidak akan bergerak karena tiap anggota bergerak ke arah berlawanan.

Ahhh... Hari ini aku hanya ingin bercerita...
Tentang aku yang semakin bersyukur dan menikmati pekerjaanku. Pekerjaan ini tidak mungkin semakin mudah, tapi aku bisa melihat masih banyak tantangan yang menantiku.

Ohh dear God, bless me, my team, my job, my company.

Sebab TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala pekerjaan tanganmu. Ia memperhatikan perjalananmu melalui padang gurun yang besar ini; keempat puluh tahun  ini TUHAN, Allahmu, menyertai engkau , dan engkau tidak kekurangan apapun. (Ulangan 2:7)

No comments:

Post a Comment