Pages

Dec 19, 2017

5 Tips Belanja Barang Elektronik Online

Hai guys,

Nanya dong, siapa yang udah dapat bonus/THR/Tunjangan akhir tahunnya? 

Hihihihi..

Bulan Desember ini beneran bulan kalap buat aku, gimana engga?
Ada Harbolnas, trus dilanjut dengan TAT (tunjangan akhir tahun) yang meluncusss ke rekening eik!

Ceritanya hari ini. Iya hari ini banget ya booo...!
19 Desember 2017. Saya, Yuliana Permata Sari, kalap!
Belinya ga banyak, tapi mahal...

Khusus hari ini barang pertama yang saya beli adalah TREADMILL. Udah lama sebenarnya pengen punya ini, tapi pertimbangan harga dan dana yang belum cukup akhirnya ditunda.
Nah, kebetulan kemaren punya voucher Blibli 800 ribuan, hasil dari cashback 100% 11 November kemaren. Mulailah incer treadmill yang ada di situs belanja tersebut, tapi sayangnya setelah aku bandingkan dengan toko online sebelah, rasanya harga di Blibli lebih mahal... Lalu kalau dikurangi dengan voucher gratis, harganya jadinya sama.

Setelah mempertimbangkan keperluan lainnya, akhirnya aku putuskan untuk beli treadmill-nya di tokopedia aja. Kebetulan ada temen yang pernah beli di toko itu, jadi aku makin yakin belanja di situ. 

Lalu voucher 800ribu dikemanaken??
Akupun memakainya untuk membeli barang lain yang emang udah lama aku incer juga... hohoho 
Kulkas 2 pintu!
Di rumah aku adanya kulkas 1 pintu dan itupun udah ada sejak jaman suami aku masih single. Kebayang dong kulkas yang dipakai ama para bujangan, serba-serbinya banyak lahhh... 
Selain itu, karena rasanya kulkas 1 pintu kurang gede buat belanjaan mingguan kami. Khususnya bagian freezer-nya, kurang gede.

Nah, aku mau sedikit share bagaimana aku cukup PD buat belanja barang elektronik online atau berbelanja apapun secara online.

1. Berbelanjalah di situs yang memang sudah terpercaya.

Percayalah kepercayaan pelanggan tidak didapat dengan mudah, karena itu situs online (toko online) yang sudah memiliki pelanggan banyak mereka akan selalu kasi service terbaik agar pelanggannya tidak merasa kecewa.
Aku akan share situs yang paling sering aku kunjungi dan bahkan aku sering belanja di situ. Top 3 nya adalah Blibli.com, JD.ID, Tokopedia/Shopee.
Maaf jadinya 4 karena Tokped ama Shopee sama-sama top of mind aku wkwkwk

2. Carilah pengalaman orang lain

Percayalah kamu bukan satu-satunya orang yang ingin beli barang tersebut, pasti ada orang lain yang sudah beli. Hal yang paling mudah adalah lihat review dari barang tersebut, jika belum ada coba tanya ke teman-teman kamu. Kamu bisa juga pasang status di social media. Misalnya aja kamu bertanya "Ada yang udah pernah beli treadmill di Blibli.com?"
Tunggu beberapa jam, kamu pasti akan mendapatkan respond. Jika belum, coba tanya om google.
Dari hasil riset ini kamu bisa tentukan situs online mana yang trusted berdasarkan pengalaman di lingkungan kamu.

3. Coba bandingkan harga dengan situs yang sejenis

Setiap situs online yang besifat mall (cth: tokped, shopee, blibli), sebenarnya siapa saja bisa berjualan di toko tersebut. Sehingga, satu orang bisa punya toko di tokped, shopee, dan blibli. Berdasarkan pengalamanku hari ini, nama toko sama, jenis barang pun sama, tapi harga berbeda di 3 toko online tersebut.  
Misal nih, aku mau beli treadmill tipe TL270.
Harga di Blibli 7,000,000
Harga di Tokped 6,000,000
Harga di Shopee 6,050,000
Nama toko XXX (sama di tiga situs)
No WA toko XXX (sama di tiga situs) 

Jadi aku pun coba tanya ke XXX, menurut dia ketiga situs ini punya peraturan yang berbeda-beda, sehingga harga yang diberikannya pun berbeda-beda.

Jadi udah tau kan kenapa aku akhirnya beli treadmill di Tokped bukan di Blibli xixixixi

4. Carilah Review di Youtube 

Ini sangat membatu banget pas aku mau beli kulas.
Kebetulan di blibli, gambar kulkasnya hanya bagian luar tidak ada foto bagian dalamnya, akhirnya aku coba cari review-nya di Youtube.
Percaya atau tidak akupun akhirnya tahu bahwa sekarang banyak anak sekolah jaman now yang dikasi tugas bikin vloger oleh sekolahnya. So it makes blogger become old fashion.
Dari review Youtube ataupun review di google, akhirnya aku yakin untuk memilih kulkas merek apa dan tipe apa. 

5. Caritau promo di situs tersebut

Ini penting banget, mungkin terdengar ga penting, tapi dapatin diskon 10% pun sangat penting bila harga barang tersebut di atas 1 juta.
Coba deh main ke halaman utama situs tersebut dan cari tau apakah ada promo cashback, ato promo diskon dengan kartu kredit tertentu.

Kelima tips ini yang sering aku manfaatin setiap kali aku punya keinginan untuk belanja online. Nah khusus no 1, kalo udah nyaman ama toko tertentu, ya aku belanjanya disitu-situ aja... :)

See yaa on the next posting
-yuyu-

No comments:

Post a Comment