Pages

Jun 29, 2017

7 Tips Belanja Online Kebutuhan Rumah Tangga


Hai guys...

Kali ini saya mau coba share tentang pengalaman saya berbelanja online di beberapa situs Marketplace yang cukup terkenal. Kali ini yang mau saya bahas tentang belanja produk sehari-hari yang kita selalu habis pakai, misal sabun mandi, detergent, pengharum pakaian, pasta gigi, dsb.

Okay, first saya mau menjelaskan apa sih Marketplace itu, ini khusus buat teman-teman yang belum familiar dengan makna marketplace 😁 tapi mungkin lebih familiar dengan online shop. Yup keduanya mirip, tapi marketplace itu cakupannya lebih luas.

Actually pertama kali dengan kata marketplace di bangku kuliah saya masih belum bisa banyangkan seperti apa ini bentuknya, karena di Indonesia saat itu belum ada. Kalau sekarang contoh marketplace itu seperti: Tokopedia, Blibli, JD.ID, Bukalapak, Lazada, dll.
Secara garis besar Marketplace adalah tempat bertemunya banyak penjual dengan banyak pembeli. Pembeli bebas mau beli di penjual yang mana aja. Sama seperti di moll.

Dan dari banyaknya marketplace yang sekarang sudah ada di Indonesia, saya lebih memilih marketplace yang menyediakan "FREE ONGKIR". Maaf ibu-ibu 😂
Jelas aja sih saya pilih free ongkir, karena yang saya cari adalah kemurahaan dan kemudahaan. Saya akan langsung saja menyebutkan dua marketplace yang paling sering saya beli barangnya. Blibli dan JD.ID, menurut saya dua marketplace walaupun free ongkir tapi tidak main-main dengan caranya menjaga kualitas barang. Semua barangnya akan dibungkus dengan bubble wrap dan kotak khusus yang berlabel merek masing-masing.

Okai kita mulai dengan tip-tips belanja dari saya.
  1. Bandingkan harga untuk produk dengan merek dan size yang sama antar marketplace langganan Anda.
    Ini sudah jelas dong ya... misal saya mau belanja detergen merek "Attack" maka saya akan bandingkan harganya dengan memperhatikan ukurannya, untuk ukuran 1,2 kg lebih murah di mana.
    Tapi tidak sampai di situ aja ya guys, karena saya tipe orang yang mau mencoba-coba merek lain mana tau ada kualitas yang sama dan saya bandingkan lagi harganya...

  2. Bandingkan harga promo antara produk yang ukuran lebih besar dengan yang lebih kecil.
    Ini agak tricky sebenarnya dan baru-baru ini saya coba praktekkan. Misal harga sabun cair 1000ml = 40,000 dan harga isi ulangnya ukuran 800 ml = 35,000.
    Okay, it's look like 800ml lebih murah dong ya... but wait... coba hitung kembali harga per ml nya.. untuk ukuran 1L harga perml adalah 40 rupiah dan coba kalikan dengan 800 maka harusnya harganya 32,000. Jika begitu saya akan lebih memilih yang 40 ribu rupiah dong... 😂😂
  3. Cek biaya ongkir ke rumah Anda.
    Kebetulan rumah saya di Bekasi jadi masih area Jabodetabek dan dua Marketplace langganan saya memberikan free ongkir, so for me it's find. But if you guys live so far from Jakarta, please make sure it will free shipping.
  4. Cek promo musiman dengan kartu kredit yang Anda punya.
  5. Pilih barang yang hanya dikirim langsung dari gudang marketplace pilihan Anda bila Anda ingin barang tersebut sampai ke rumah Anda secepatnya. (Please use filter function)
  6. Pakai fungsi filter untuk mempermudah Anda mencari barang yang lebih murah
  7. Jika Anda sudah punya merek-merek yang biasa Anda pakai, mulailah pencariaan Anda dengan nama brand tersebut.
So, I just commented for poin number 1-3 since it's a little tricky others tips I'm very sure you already got that.

So guys berikut ini adalah hal-hal yang sering saya beli di Blibli dan JD.ID, jadi kalian kebayang kalau merek di bawah ini mending cari di marketplace yang mana... hohoh

Blibli:
  • Wings Product, saran saya kalian belanja produk-produk wings di Blibli aja. Kenapa? karena Blibli dibawah naungan Djarum group yang mana menantunya adalah putri dari Wings group. Saya pribadi akhirnya membeli detergen cair untuk mesin cuci di sini, karena saya beralih ke So Klin setelah mencoba sekali dan saya suka dengan wanginya.
  • Minyak goreng sekerdus. Ini agak musiman, jadi pertama bandingkan saya harga di supermarket/alfa/indomaret tempat kalian berbelanja dengan harga di Blibli, soalnya di JD.ID masih jarang jual minyak goreng. Pas lebaran kemarin saya dapat promo 2L x 6 pouch minyak goreng diharga kira-kira 23ribuan satunya, sementara di mana minimal harganya 28rb 😂😂 
  • Terkait dengan poin no 1, saya belanja detergen, pewangi pakaian, pembersih lantai (dapat gratisan dan detergent cair)
  • Saya beli Oven kirin saya di Blibli, karena kebetulan harganya lebih murah dari tetangga dan dapat kupon diskon sekitar 200rb kemaren hahahha
JD.ID
  • Sabun Mandi, kebetulan saya pakai yang mengandung Susu Kambing, jadi saya beli tergantung merek yang lagi promo yang mana.. hohoho
  • Deodoran, Dove ini juga tergantung yang paling murah di mana.. Mostly sih di JD.ID ya..
  • Sensi Mask. Murah bigittsss bo... yang sekotak isi 50 harganya cuma 20rban
  • Shampoo.... Kalau kalian pemakai shampoo kuda (mane and tail) coba deh cek and re-check di JD.ID, soalnya saya pernah dapat harga 80ribuan untuk sampo kuda ukuran 946ml. Saya beli shampo suami merek Pantene juga di sini sih..
  • Minyak kayu putih 
  • Lock and Lock, kalau lagi ada promo
  • Kipas angin, kompor gas/peralatan electronic lainnya, karena dari hasil compare sana sini saya nemu di sini lebih murah.
Jadi kalau diliat-liat sebenarnya keduanya menawarkan harga yang cukup bersaing, tinggal kita aja mau yang mana dan butuh yang mana..

So guys.. see you at my next post.

No comments:

Post a Comment