Pages

Mar 17, 2011

Membuat Nomer Urut di Ireport

Emm.. mungkin udah pada tau ya caranya?
Tapi aku bikin ni blog, karena sejujurnya waktu aku ada tugas bikin iReport, aku ngak ngerti cara bikin nomer urut, awalnya bikin aku kasih coloum Number, n jadinya semua no itu menjadi 1, ngak ada kelanjutannya,,, satu semuaa..

Nah coba cari di google, nemu sih, tapi ndak banyak membantu karena report yang mau ku buat ntu agak jelimet, maklum saya baru di dunia report2 ini.. hehehe
Setelah coba klak klik sana sini, masukkan nilai ini itu, akhirny nemu deh carany..
hehehe..
Kalau mau bikin no Urut seperti tampilan di bawah ini, coba kalian ikutin caraku ya,, 


Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
    1.  Bikin variable baru dengan nama NOURUT(nama terserah kamu mo bikin pa, asal di ingat.. ^^) . Kemudian propertiesnya kamu setting seperti gambar dibawah ini ya. Untuk increment groupnya berdasarkan group yang di report kamu kalau untuk kasus ini dia berdasarkan account_ID. Untuk Variable expresionnya, kamu isi
    new Integer(${NOURUT}.intValue + 1 )


      2. Kemudian bikin variable baru lagi dengan nama NO. Variable expresionnya kamu isi:
    new Integer(${NOURUT}.intValue + 1 )


     3. Kemudian pada report yang kamu design kamu tambahkan text field yang akan digunakan untuk menampilkan no urut tersebut. Pada properties text field itu, kamu isi parameter Test Field Expression dengan variable NO. seperti gambar di bawah.



    4. Nah sampai situ ajah kok cara bikin no urutnya


    Kalau kamu perhatikan di report itu juga ada SUB TOTAL, kalau kamu mau tau caranya bikinnya. Mudah kok. SUB TOTAL itu diambil dari jumlah masing2 field tiap groupnya, makanya seperti yang saya katakan sebelumnya. Ini report grouping berdasarkan account no nya. Sebagai contoh, di report itu ada field TOTAL, kita akan buat jumlah dari field TOTAL untuk masing-masing account. Langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah:

    1. Kita bikin parameter baru dengan nama sumTotal, dengan properties seperti di bawah.
    Pada Variable Expresion $F{TOTAL} adalah isi dari field TOTAL, dan pastikan Initial Value Expression adalah 0. Reset type GROUP  karena setiap kali groupny berubah maka sumTotal akan di kembalikan ke 0. 
    Culculation adalah SUM

    Nahh.. itu cara bikin subTotalnya..


    Sekian dulu tutorian iReport singkat saya.. Kalo ada yang salah mohon di maafkan ya.. Soalny ilmu saya blom banyak.. hehehe


    Salam saya


    ^yuyu^

    3 comments: